Meterai Baru 2021 Rp10.000 Sudah Beredar, Desainnya Bertema Ornamen Nusantara. Berikut Ini Ciri Detailnya

- 31 Januari 2021, 12:23 WIB
Meterai baru 2021 dengan desain ornamen nusantara sudah mulai beredar
Meterai baru 2021 dengan desain ornamen nusantara sudah mulai beredar /Kemenkeu

Literasi News - Meterai baru 2021 Rp10.000 dengan desain ornamen nusantara, pengganti meterai lama keluaran 2014 mulai diperkenalkan. Meterai tempel baru itu memiliki tarif bea meterai Rp10.000 dan sudah bisa diperoleh di seluruh kantor PT Pos Indonesia di seluruh tanah air.

Hal itu diungkapkan Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis 28 Januari 2021.

"Meterai tempel baru ini memiliki ciri umum dan ciri khusus yang perlu diketahui masyarakat," kata Hestu dikutip Literasinews dari laman resmi Indonesia.go.id.

Baca Juga: Jadwal Trans TV Hari Ini Minggu, 31 Januari 2021, Tayang Juga Film Equalizer 2

Hestu mengungkapkan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 4/PMK.03/2021, tercantum ciri umum dan ciri khusus pada meterai tempel terbaru itu.

Untuk ciri umum, antara lain, terdapat gambar lambang negara Garuda Pancasila, angka 10000 dan tulisan SEPULUH RIBU RUPIAH yang menunjukkan tarif bea meterai, teks mikro modulasi INDONESIA, blok ornamen khas Indonesia, dan tulisan TGL. 20.

Selain itu meterai baru ini mempunyai efek raba.
Sedangkan ciri khususnya adalah berbentuk persegi empat dengan warna dominan pada meterai adalah merah muda dilengkapi perekat di sisi belakang.

Baca Juga: Jadwal Samsat Keliling Purwakarta Hari Ini, Minggu 31 Januari 2021

Terdapat serat berwarna merah dan kuning yang tampak pada kertas. Kemudian terdapat pula efek perubahan warna dari magenta menjadi hijau pada blok ornamen khas Indonesia.

Ciri khusus lainnya, garis hologram sekuriti berbentuk persegi panjang yang memuat gambar lambang negara Garuda Pancasila, gambar bintang, dan gambar raster berupa logo Kementerian Keuangan, serta tulisan “djp”.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x