Cegah Krisis Pangan, Komisi II DPRD Jabar Usul ke Pusat agar Jutaan Hektar Lahan Tidur Bisa Diberdayakan

- 25 Januari 2021, 16:59 WIB
Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati (kiri) dan Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI, Willy Aditya, dalam Kunjungan Kerja ke Provinsi Jawa Barat terkait pemantauan dan paminjauan terhadap UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.
Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati (kiri) dan Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI, Willy Aditya, dalam Kunjungan Kerja ke Provinsi Jawa Barat terkait pemantauan dan paminjauan terhadap UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan. /Zaenal Mutaqin/

Literasi NewsBadan Legislasi DPR RI melakukan Kunjungan Kerja ke Provinsi Jawa Barat terkait pemantauan dan peninjauan terhadap UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati mengusulkan ke pemerintah pusat melalui jajaran Badan Legislasi DPR RI, agar jutaan hektar lahan tidur milik pemerintah pusat yang ada di wilayah Jawa Barat bisa dikelola oleh masyarakat agar Indonesia terhindar dari krisis pangan.

“Tetapi di Jawa Barat ini juga belum adanya dukungan regulasi dan perizinan untuk memanfaatkan semua potensi lahan yang ada. Lahan tidur itu kewenangannya ada di pusat, sehingga belum bisa dimanfaatkan secara baik untuk kepentingan nasional khusunya untuk ketahanan pangan,” kata anggota Fraksi PKB ini, Senin 25 Januari 2021.

Baca Juga: BKN: PPK Diminta Segera Terbitkan SK CPNS, Persetujuan dan Penetapan NIP Sudah 95 Persen

Bahkan luasan lahan tidur tersebut mencapai jutaan hektar, yang mayoritas dikuasi PTPN VIII dan Perhutani sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Karena jumlah penduduk Jawa Barat terbesar dari seluruh provinsi di Indonesia, yang mencapai lebih dari 48Juta jiwa, maka jika suatu saat terjadi kondisi yang tidak diinginkan, yakni krisis pangan maka yang terdampak paling besar adalah Jawa Barat.

“Tapi kalau masyarakat Jawa Barat bisa swasembada pangan, otomatis akan menunjang ketahanan pangan secara nasional,” kata Rahmat.

Baca Juga: Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Nasional Presiden dan Wapres Luncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang

Dengan begitu, jika jutaan hektar lahan tidur tersebut  bisa dimanfaatkan dengan dukungan regulasi dan perizinan, maka akan menjadi solusi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x