Nyaringnya Suara 'Nyeguk' Kolecer dari Cisalak Subang Kala Musim Angin Barat

- 9 Februari 2023, 14:57 WIB
Nyaringnya Suara 'Nyeguk' Kolecer dari Subang Kala Musim Angin Barat.
Nyaringnya Suara 'Nyeguk' Kolecer dari Subang Kala Musim Angin Barat. /Literasi News

Literasi News - Memasuki pertengahan bulan Februari angin bertiup kencang dari barat, sebagian masyarakat Indonesia menyebutnya sebagai musim angin barat.

Musim angin barat ini dimanfaatkan warga di Kampung Leuwinutug, Desa Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat untuk "nanggerkeun kolecer" atau memasang kolecer sebagai ajang hiburan warga.

Istilah kolecer atau baling bambu adalah sebuah mainan populer di wilayah kalangan masyarakat Sunda. Alat utama permainan tradisional masyarakat Sunda ini adalah baling-baling.

Baca Juga: Tingkat Kunjungan Wisatawan Ke Desa Wisata Meningkat Hingga 50 Persen, Ini Kata Menparekraf

Suara yang khas saat angin kencang menjadi daya tarik tersendiri dari permainan kolecer ini, suara nyaring ini disebut oleh warga dengan istilah "nyeguk".

Untuk membuat kolecer yang bisa nyeguk tidak mudah, dibutuhkan keahlian, salah satunya dengan serutan untuk baling-baling kolecer yang presisi.

Kolecer atau baling-baling
Kolecer atau baling-baling Literasi News

Ada dua jenis kolecer berdasarkan bahan bakunya yaitu kolecer bambu dan kolecer kayu, untuk kolecer yang besar biasanya bahan yang digunakan adalah kayu jati.

Salah satu warga Kampung Leuwinutug, Desa Cisalak, Subang Hasan menyebut momen nanggerken kolecer ini adalah momen tahunan yang di tunggu warga.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Sumber Mata Air Cipondok Subang, Menikmati Jernihnya Air Pegunungan

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x