Rogan Soup Jadi Salah Satu Kuliner Ramadhan Favorit di Cianjur, Diburu Warga Menjelang Buka Puasa

- 4 April 2022, 14:56 WIB
Rogan Soup Jadi Salah Satu Kuliner Ramadhan Favorit di Cianjur, Diburu Warga Menjelang Buka Puasa
Rogan Soup Jadi Salah Satu Kuliner Ramadhan Favorit di Cianjur, Diburu Warga Menjelang Buka Puasa /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Rogan soup atau sup roti dengan degan (Kelapa muda) menjadi kuliner favorit Ramadhan yang banyak diburu warga saat menjelang buka puasa.

Kuliner khas Cianjur, Jawa Barat, Rogan soup mempunyai rasa yang istimewa dan selalu menjadi pilihan warga saat berbuka puasa.

Disajikan berbungkus daun pisang, rogan soup ini terbuat dari berbahan baku roti, kelapa muda, kacang hijau, kolang-kaling, dan santan serta susu. Untuk menambah aroma khas, ditambahkan potongan daun pandan.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah DKI Jakarta dan Sekitarnya Ramadhan 2022 M/1443 H

Pemilik usaha rogan soup, Mpat Kurniawati, mengatakan proses pembuatan rogan sup sangat mudah, seluruh bahan dibungkus menggunakan daun pisang. Kemudian diberi kuah santan yang sudah dicampur susu.

Setelah dibungkus rapat, kata Mpat, kemudian di kukus selama lebih kurang 20 menit hingga matang dan warna daun pisang berubah.

"Sehari dapat menjual sedikitnya 500 bungkus rogan soup. Memang, jadi favorit warga untuk buka puasa, karena dapat disajikan hangat ataupun dingin," kata Mpat, kepada wartawan, Senin 4 April 2022.

Baca Juga: 5 Hal ini Bisa Menghilangkan Pahala Puasa Ramadhan, Mulai dari Berbohong, Ghibah hingga Adu Domba

Selain pesanan dari dalam kota, kata Mpat, pesanan rogan soup juga banyak berasal dari luar kota, seperti Bandung, Bogor dan Sukabumi.

"Untuk harga sebungkus rogan soup Rp 14 ribu. Selain buka kedai, kita juga menjual melalui aplikasi ojek online, media sosial dan WhatsApp," ucapnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x