Ada Tiga Kunci Penting Pulihkan Sektor Pariwisata, Berikut Penjelasan Menparekraf

- 14 Februari 2022, 14:26 WIB
Ilustrasi salah satu objek wisata di Pangandaran Pantai Pananjung dengan ombaknya yang aman. Ada tiga kunci penting untuk pulihkan sektor pariwisata yang saat ini terdampak pandemi Covid-19. Simak penjelasan Menparekraf.
Ilustrasi salah satu objek wisata di Pangandaran Pantai Pananjung dengan ombaknya yang aman. Ada tiga kunci penting untuk pulihkan sektor pariwisata yang saat ini terdampak pandemi Covid-19. Simak penjelasan Menparekraf. /jabar.prov.go.id/

Literasi News - Ada tiga kunci penting untuk pulihkan sektor pariwisata yang saat ini terdampak pandemi Covid-19.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, tiga kunci tersebut antara lain inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Pertama, inovasi. Kemenparekraf saat ini tengah mengembangkan 5 destinasi pariwisata superprioritas Indonesia antara lain Danau Toba di Sumatera Utara, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara.

"Ini yang menjadi fokus bagaimana akan kami buat jadi lebih baik, bahkan akan melebihi Bali dan Jakarta," kata Sandiaga Uno dalam Side Event G20 Indonesia di Jakarta, Senin 14 Februari 2022, seperti dilansir Antara.

Lima destinasi pariwisata super prioritas tersebut diharapkan bisa menerapkan protokol CHSE atau cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan).

"Melalui inovasi destinasi wisata, penyerapan tenaga kerja di bidang ekonomi diperkirakan terus meningkat dan bahkan menambah modal asing yang masuk ke Tanah Air," tuturnya.

Baca Juga: BUMDes Berperan Penting Tingkatkan Daya Saing Desa Wisata

Kedua, adaptasi. Menparekraf menjelaskan, adaptasi destinasi wisata akan dilakukan sebagai bagian dari era normal baru dan untuk pemulihan yang berkelanjutan.

"Adaptasi ini bisa berupa salah satunya dengan pembayaran digital saat bertransaksi di berbagai tempat wisata," ujarnya.

Ketiga, kolaborasi. Menurut Sandiaga Uno, kolaborasi yang akan dilakukan dengan pemerintah lokal, sektor swasta, institusi, komunitas, dan media.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x