Desa Wisata Perlu Terus Kembangkan Inovasi Produk, Ini Kata Menparekraf Sandiaga Uno

- 15 Januari 2022, 17:43 WIB
Pesona Desa Wisata Bilebante bisa mendukung ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok.* Menparekraf Sandiaga Uno menyebutkan desa wisata perlu memaksimalkan potensi sumber daya alam serta ekonomi kreatif, melalui inovasi produk.
Pesona Desa Wisata Bilebante bisa mendukung ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok.* Menparekraf Sandiaga Uno menyebutkan desa wisata perlu memaksimalkan potensi sumber daya alam serta ekonomi kreatif, melalui inovasi produk. /dok. kemenparekraf

Literasi News - Desa wisata perlu memaksimalkan potensi sumber daya alam (SDA) serta ekonomi kreatif.

Hal itu dengan terus mengembangkan inovasi terhadap berbagai produk wisata.

Demikian disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, dalam keterangan yang dilansir Antara, di Jakarta, Sabtu 15 Januari 2022.

Menparekraf menjelaskan beberapa inovasi produk wisata yakni dengan menggabungkan pelbagai potensi seperti ekowisata, wisata alam, dan nature eco wellness adventure menjadi paket wisata.

"Semua itu merupakan inovasi produk wisata yang akan berkembang cepat dan menjadi mainstream (arus utama) baru di industri pariwisata," tutur Sandiaga Uno.

Menurut Menparekraf, kesatuan paket wisata tersebut lebih lengkap untuk menangkap pergeseran preferensi wisatawan.

"Peralihan kecenderungan wisatawan bisa berbentuk pula inovasi produk (package innovation) wisata seperti kegiatan yang dijalankan secara daring dan luring (hybrid event), tur virtual, dan piknik pribadi (private picnic package)," ujarnya.

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan Mancanegara Naik 3,06 Persen Pada November 2021, Berikut Penjelasan BPS

Untuk memaksimalkan potensi SDA, tambah Sandiaga Uno, suatu daerah disebut harus mengindentifikasi kekuatan yang dimiliki. Sebagai contoh, Kabupaten Magelang memaksimalkan potensi tujuh gunung yang berada di wilayah tersebut, Candi Borobudur, dan beberapa destinasi termasuk sektor kuliner.

"Di sini (Magelang) salah satu penghasil kopi terbaik tanah air. Tadi saya coba Pawon luwak kopi dan rasanya luar biasa, jadi hal itu yang harus dibangun," ucapnya.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x