Silakan Berwisata, Asal Tetap Patuh Prokes, Ini Kata Menparekraf Sandiaga Uno

- 1 Januari 2022, 15:13 WIB
Wisatawan tengah berwisata di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta.* Menparekraf Sandiaga Uno mempersilakan masyarakat untuk berwisata, asal tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).
Wisatawan tengah berwisata di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta.* Menparekraf Sandiaga Uno mempersilakan masyarakat untuk berwisata, asal tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). /Pikiran-Rakyat.com/Amir Faisol/

Literasi News - Masyarakat bisa berwisata dalam menikmati libur Tahun Baru 2022 ini, asalkan tetap patuh menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hal ini terutama untu meminimalisasi potensi penularan Covid-19. Terlebih saat ini muncul varian baru Omicron.

Demikian disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf) Sandiaga Uno, saat meninjau wisata di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu 1 Januari 2022.

"Silakan berkegiatan pariwisata dengan bertanggung jawab," katanya, seperti dilansir Antara.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno memberikan apresiasi dan puas atas penerapan prokes yang diterapkan pihak pengelola. Pengelola melakukan penyaringan (skrinning) baik sejak di pintu masuk kedatangan hingga di dalam area wisata/bermain.

Berdasarkan data, pada libur Natal tercatat sekitar 18 ribu wisatawan yang mengunjungi Ancol. Sedangkan pada Sabtu 1 Januari 2022, sekitar 8 ribu pengujung memadati kawasan wisata tersebut.

Baca Juga: Update Kasus Omicron di Indonesia Bertambah 68 Orang, Total Menjadi 136 Orang

Pengelola sengaja membatasi jumlah pengunjung agar tidak terjadi penumpukan dan kerumunan. Selain itu, jam operasional hanya sampai pukul 14.00 WIB.

Menurut Sandiaga, dengan melihat antusias masyarakat berkunjung ke Ancol saat libur Natal dan tahun baru 2022 menjadi sinyal kebangkitan pariwisata di tengah pandemi.

"Kita ingin mengingatkan masih di tengah pandemi. Jadi prokes diperhatikan dan tadi saya melihat aplikasi PeduliLindunginya dipatuhi secara terintegrasi," tuturnya.

Menurutnya, destinasi-destinasi wisata yang patuh terhadap prokes dapat memperluas pelayanannya, namun kehati-hatian dan kewaspadaan harus tetap diprioritaskan.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x