Hari Kartini. Kenali dan Selami Sosok R.A Kartini dengan Mengunjungi Museum di Jepara

- 21 April 2021, 12:58 WIB
Kenali dan Selami Sosok R.A Kartini dengan Mengunjungi Museumnya di Jepara
Kenali dan Selami Sosok R.A Kartini dengan Mengunjungi Museumnya di Jepara /Literasi News/Dok. Shofira Hanan

Literasi News - Mempelajari dan menyelami lebih dalam sosok R.A Kartini di tanah kelahirannya, yakni Kabupaten Jepara masih bisa dilakukan hingga kini.

Salah satunya dengan mengunjungi museum R.A Kartini yang memuat kisah perjalanan hidup pelopor kebangkitan perempuan Indonesia itu. Museum yang terletak di Alun-alun Kabupaten Jepara itu, menyajikan banyak hal seputar kehidupan Kartini.

Pada 30 Maret 1975 pemerintah setempat mendirikan museum tersebut sebagai bentuk penghargaan, pengabdian, sekaligus cara mengenang jasa perintis emansipasi wanita itu.

Baca Juga: Kemenkop UKM Salurkan Dana BPUM Rp1,2 juta Melalui BNI Untuk 2,1 Juta Rekening. Berikut Ini Syaratnya

Kala itu, museum didirikan pada masa pemerintahan Bupati Soewarno Djojomardowo. Kemudian bangunan yang memuat sejarah tersebut diresmikan pada tanggal 21 April 1977 oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Jepara, Soedikto. Hingga kini, museum yang dibuka untuk umum tersebut banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan.

Kenali dan Selami Sosok R.A Kartini dengan Mengunjungi Museumnya di Jepara
Kenali dan Selami Sosok R.A Kartini dengan Mengunjungi Museumnya di Jepara Dok. Shofira Hanan

Memasuki area museum, pengunjung akan disambut dengan beragam potret kehidupan Kartini sejak kecil hingga dewasa. Di setiap potret yang dipajang selalu dilengkapi dengan keterangan. Dengan begitu pengunjung bisa mendapatkan informasi menyeluruh.

Selain potretnya, ada juga benda peninggalan Kartini yang diabadikan di dalam ruang pertama. Mulai dari kursi, meja, alat bermain congklak, hingga kereta kencana.

Baca Juga: Muhasabah Pagi : Tangisan Seorang Muslim Saat Dibacakan Ayat-ayat Al-Qur'an

Tidak hanya memuat sejarah mengenai sosok Kartini, museum tersebut juga menyimpan benda peninggalan kakak sang pahlawan, yakni RMP Sosrokartono.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x