Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong Ingin Kompetisi Liga 1 dan 2 Segera Bergulir Lagi

- 22 Oktober 2020, 19:56 WIB
Latihan Timnas U-19
Latihan Timnas U-19 /Dok. PSSI/pssi.org

Literasi News - Timnas Indonesia U-19 sejak 30 Agustus 2020 menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Selain menjalani latihan Garuda Muda juga melakukan laga persahabatan melawan timnas negara lain maupun klub-klub kuat di Kroasia.

Selanjutnya Timnas U-19 akan kembali ke Tanah Air pada hari Selasa, 27 Oktober 2020. Kemudian pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk mengikuti kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Namun, pihak kepolisian belum memberikan izin untuk lanjutan Liga 1 dan Liga 2, kompetisi akhirnya ditunda.

''Ujung dari sebuah kompetisi itu timnas. Karena di kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan. Ini beda dengan training camp atau uji coba dengan timnas negara lain atau klub,'' ujar pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong.

Baca Juga: Ini kriteria Daerah, Hotel, dan Restoran Penerima Hibah Pariwisata, Pemerintah Siapkan Rp3,3 Triliun

Itu sebabnya pelatih asal Korea Selatan ini menginginkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 kembali digelar. ''Jadi tidak bisa menunda-nunda kompetisi. Karena ini menjadi bagian penting dalam perjalanan sebuah timnas. Lebih cepat kompetisi digelar lagi akan semakin bagus,'' katanya.

Melalui laman resmi PSSI, pssi.org, Shin mengungkapkan membutuhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diputar lagi supaya bisa memantau langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing.

"Saya juga bisa memantau jika ada pemain yang bisa dipanggil untuk memperkuat timnas U-20. Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan,'' imbuh Shin Tae-yong.

Baca Juga: Pilkada 2020,Ketua PKB Jabar ‘Nganjang’ ke Simpul-simpul Pemenangan Iwan - Iip di Kab. Tasikmalaya

Shin menambahkan setelah TC Timnas U-19 di Kroasia ia sudah bisa melakukan evaluasi terhadap individu pemain.

"Siapa yang punya kualitas bagus tentunya akan dipertahankan. Kompetisi sangat perlu agar pemain melakukan pertandingan untuk mengasah kemampuan mereka saat mereka tidak TC dengan Timnas," pungkas pelatih yang menukangi Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 tersebut.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x