PSBB Diperpanjang Hobi Bersepeda Meningkat

- 14 September 2020, 22:20 WIB
Montir memperbaiki produk sepeda impor asal Inggris milik pelanggan salah satu pusat servis di Jakarta, Rabu (2/9/2020). Pemerintah memperketat impor sepeda melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 68 Tahun 2020 tentang ketentuan impor alas kaki, elektronik, dan sepeda roda dua dan tiga untuk membendung kenaikan impor sepeda di Indonesia yang pada Semester I 2020 mencapai 39,03 juta dolar AS atau naik 24,85 persen dari periode sama 2019 yang mencapai 31,26 juta dolar AS (data BPS). /ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww./
LiterasiNews- Trend olahraga bersepeda di kota-kota besar di Indonesia semakin meningkat di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satu indikasinya terlihat dengan munculnya ajakan bersepeda di kalangan komunitas muda kreatif di Kota Bandung.
 
Pengamatan Literasinews.com di instagram, ragam story selebgram kerap mengajak gerakan bersepeda bareng di akhir pekan. Misal, musisi underground bandung, buuxfrederiksen yang kerap memposting gerekan bersepeda dengan hastag #bikepunk.id di instagram.
 
Selebgram lainnya, seperti dudung_sp, owner ipok aleuh sekaligus pegiat motor trail juga turut meramaikan gerakan bersepeda di kota Bandung. Bahkan dudung kerap mengajak netizen yang gemar bersepeda di rimba untuk mengajak kebersihan dan kelestarian alam.
 
 
Pengamatan di lapangan, sejak satu bulan lalu, jumlah pengunjung ke pusat toko sepeda di Kota Bandung semakin ramai, seperti di Jalan Kosambi dan Veteran semakin meningkat. Baik sekedar untuk pembelian spare part , aksesoris hingga service sepeda.
 
Tak hanya di akhir pekan, antusias masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan bersepeda juga terlihat di setiap sore hari.
 
Untuk barometer trend bersepeda, seperti di Kota Jakarta. hasil survei The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) menyebutkan jikapengguna sepeda meningkat hingga 10 kali lipat atau sekitar 1.000% saat periode PSBB.***

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X