Sejumlah Tokoh Tolak Kedatangan Timnas Israel di Piala Dunia U-20, KH. Said Aqil Siradj Salah Satunya

- 26 Maret 2023, 20:59 WIB
Deretan Tokoh dan Institusi Tolak Kedatangan Timnas Israel, KH. Said Aqil Siradj Salah Satunya.
Deretan Tokoh dan Institusi Tolak Kedatangan Timnas Israel, KH. Said Aqil Siradj Salah Satunya. /Media Kupang

Literasi News – Keitsertaan tim nasional (timnas) Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia mendapatkan penolakan keras dari berbagai unsur tokoh masyarakat dan institusi pemerintah, salah satunya KH. Said Aqil Siradj.

 

KH. Said Aqil Siradj, Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) menolak dengan tega s kehadiran timnas Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia.

Menurutnya, alasan penolakan terhadap Israel tak bisa ditawar lagi, sebab hal itu telah tercantum dalam Al-Qur’an. Said mengatakan penolakan kehadiran Israel juga ditegaskan oleh banyak kiai.

Baca Juga: Pemerintah Arab Saudi Hanya Berikan Jatah Satu Kali Jamaah Umroh Selama Bulan Ramadhan 2023

“Saya pribadi dan banyak sekali kiai seperti saya, menolak kedatangan Israel, Itu Al-Qur’an. Kita ini manusia, siapa sih kita bisa melawan Al-Qu’ran. Itu ada ayatnya,” kata Said di Jakarta, Sabtu 25 Maret 2023.

Ia menambahkan penolakan ini menjadi bentuk konsistensi keberpihakan Indonesia terhadap Palestina, sebagai negara Islam yang berkonflik dengan Israel.

“Tiap hari membunuh orang Palestina, apa mau kita temani temuin orang begitu. Ini keberpihakan kita terhadap Palestina,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PBNU, Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mempertanyakan sejumlah pihak yang menolak kehadiran timnas Israel dalam gelaran piala Dunia-20 yang akan berlangsung Mei hingga Juni mendatang. Yahya menegaskan kehadiran mereka tak akan merugikan Palestina.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x