Teks Khutbah Jumat: Bertema 'Islam dan Budaya dalam Perubahan Zaman'

- 5 Mei 2023, 05:43 WIB
Teks Khutbah Jumat: Bertema 'Islam dan Budaya dalam Perubahan Zaman'
Teks Khutbah Jumat: Bertema 'Islam dan Budaya dalam Perubahan Zaman' /Teguh/Banjarnegaraku.com

Literasi News -  Teks khutbah Jumat Dengan tema Islam dan Budaya Dalam Perubahan Zaman. Sebagai agama rahmatan lil alamin, Islam sangat menjunjung tinggi keragaman budaya.

Beragama dan berbudaya bukan hal yang berlawanan dan dihadap-hadapkan sehingga keduanya bisa berjalan beriringan.

Budaya bangsa Indonesia telah terbukti menjadi piranti tepat yang digunakan oleh para wali untuk berdakwah sehingga kita bisa menikmati manisnya agama Islam saat ini.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat: Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan Makanan Halal

Ini menjadi bukti Islam dan budaya bisa terus berpadu melewati perubahan zaman. Dikutip literasinews.com dari laman resmi NU. Berikut ini Teks khutbah Jumat:

Khutbah Pertama

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الْاِيْمَانِ وَالْاِسْلَامِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْأَنَامِ. وَعَلٰى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْكِرَامِ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ الْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلَامُ وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَاحِبُ الشَّرَفِ وَالْإِحْتِرَام أَمَّا بَعْدُ: فَيَاأَيُّهَا الْمُؤْمِنُوْنَ, اِتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ, وَاشْكُرُوْهُ عَلَى مَا هَدَاكُمْ لِلإِسْلاَمِ، وَأَوْلاَكُمْ مِنَ الْفَضْلِ وَالإِنْعَامِ، وَجَعَلَكُمْ مِنْ أُمَّةِ ذَوِى اْلأَرْحَامِ. قَالَ تَعَالَى : وَمَا أَرْسَلْنَاك إِلَّا رَحْمَة لِلْعَالَمِينَ .

Jamaah Jumat rahimakumullah Menjadi kewajiban bagi setiap khatib untuk selalu mengingatkan kepada seluruh jamaah wa bil khusus kepada diri khatib pribadi untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dalam artian menjalankan segala perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Dengan langkah ini mudah mudahan kehidupan kita di dunia akan senantiasa mendapatkan ridha dan petunjuk dari Allah swt.

Baca Juga: Wajah Dokter Wayan Akhirnya Muncul, Sebelum Pergi ke Bali Sampaikan Pesan Untuk Pasiennya

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x