Kapan Waktu Melaksanakan Puasa Syawal? Berikut Tata Cara dan Keutamaanya

- 30 April 2023, 08:45 WIB
Kapan Waktu Melaksanakan Puasa Syawal? Berikut Tata Cara dan Keutamaanya.
Kapan Waktu Melaksanakan Puasa Syawal? Berikut Tata Cara dan Keutamaanya. /Pexels/Engin Akyurt

Literasi News- Kapan waktu mengerjakan puasa Syawal? berapa hari puasanya, kapan waktu mengerjakan puasa Syawal, dan bagaimana niat puasa Syawal? Simak penjelasannya dibawah ini.

Puasa syawal merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Melaksanakan puasa selama 6 hari pada bulan Syawal, setelah selesai menjalani puasa Ramadan, diyakini akan memberikan pahala yang luar biasa

Tata cara puasa Syawal sama seperti puasa wajib, yakni dilaksanakan sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Adapun, yang membedakan keduanya terletak pada niatnya.

Baca Juga: 9 Puasa Sunnah dan Keutamaannya, Ada Puasa Syawal Dilaksanakan Setelah Idul Fitri

Dikutip literasinews.com dari laman resmi NU. Berikut keutamaan puasa Syawal, waktu, dan niatnya:

Keutamaan Puasa Syawal

Selepas puasa Ramadhan sebulan penuh dan merayakan hari Idul Fitri 1 Syawal, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa enam hari di dalam bulan Syawal. Hal ini mengacu pada hadits shahih riwayat Imam Muslim:

“Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun,”

Dengan demikian, status hukum puasa Syawal adalah sunnah bagi orang yang tak memiliki tanggungan puasa wajib, baik qadha puasa Ramadhan atau puasa nazar.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x