Prof Quraish Shihab: Doa Rasulullah saat Idul Fitri

- 22 April 2023, 17:53 WIB
Prof Quraish Shihab: Doa Rasulullah saat Idul Fitri.
Prof Quraish Shihab: Doa Rasulullah saat Idul Fitri. /Narasi TV/

Literasi News- Prof Muhammad Quraish Shihab mengemukakan, ada beberapa hal dalam masyarakat Indonesia yang mungkin jika merujuk pada Al-Qur'an atau sunnah Nabi perlu diluruskan kembali. Seperti banyaknya ucapan minal aidin wal faizin saat Idul Fitri atau Lebaran, padahal Rasulullah telah mengajarkan doa selain itu.

"Sebenarnya Rasulullah saw itu mengajarkan kita doa Taqabbalallahu Minna wa Minkum. Artinya semoga Allah menerima doa kita, menerima ibadah kita, jadi Rasulullah mengajarkan kita doa semoga Allah menerima. Jangan pernah yakin bahwa amalan Anda sudah diterima, kita jangan yakin bahwa menang," paparnya dalam Youtube Quraish Shihab,Sabtu, 22 April 2023).

Baca Juga: 10 Makna dan Keutamaan Momen Silaturahim Pada Hari Raya Idul Fitri

Menurut Prof Quraish, memang banyak sekali hal-hal yang muncul setelah Rasulullah wafat yang sifatnya baru. Semua hal yang baru itu tidak terlarang. Kita tidak ingin berkata kullu bid'atin dholalah, tetapi di sisi lain ada.

Pengertian-pengertian yang muncul dalam masyarakat yang sudah popular dan jika merujuk kepada Al-Qur'an dan sunnah apa yang populer itu belum tentu salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar.

Baca Juga: ISEKAI Shoukan wa Nidome desu Episode 3 Sub Indo Kapan Rilis? Nonton Anime Selain di Anoboy dan Otakudesu

"Saya pribadi merasa terganggu ketika orang-orang di TV menamai Idul Fitri dengan hari kemenangan. Saya bertanya kemenangan terhadap siapa? Siapa yang Anda lawan sehingga Anda mengatakan bahwa Idul Fitri itu hari kemenangan.

Menang melawan nafsu Anda? Menang melawan setan? Apa benar itu? Ini agaknya karena kita keliru atau orang-orang itu keliru memahami arti faizin dengan menang," ujar Prof Quraish.

Baca Juga: Jadwal Acara NET TV Hari Ini Sabtu 22 April 2023: Ada Detective Conan Movie, hingga Masakuy Spesial Idul Fitri

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x