Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945, Tonggak Sejarah INDONESIA Usai Dibacakan Soekarno

- 15 Agustus 2022, 08:59 WIB
Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945, Tonggak Sejarah INDONESIA Usai Dibacakan Soekarno
Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945, Tonggak Sejarah INDONESIA Usai Dibacakan Soekarno /Tangkapan layar youtube.com / Mayesa Wika.

Literasi News - Tanggal 17 Agustus 2022 adalah HUT Kemerdekaan Indonesia, tepatnya 77 tahun silam Pembacaan Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945.

Ketika itu naskah teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan langsung oleh Bapak Proklamator Indonesia atau Presiden Pertama Indonesia yaitu Soekarno didampingi Moh. Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta.

Setelah melalui perjalanan panjang, akhirnya para pemimpin bangsa dan tokoh pemuda sepakat membacakan naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Scorpio, Sagitarius, Virgo, Libra, Hari ini 15 Agustus 2022

Pada saat itu, halaman rumah di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta telah dipadati oleh massa, menjelang detik detik dibacakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia pada pukul 10.00 WIB.

Semua sibuk melalukan persiapan, setelah naskah proklamasi dirumuskan, teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Kemudian, hasilnya lembaran naskah dibawa kembali ke ruang pengesahan atau penandatanganan.

Di ruang itu, naskah proklamasi ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia. Berikut ini naskah teks proklamasi hasil tulisan tangan Soekarno :

Baca Juga: Anime Tensei Kenja no Isekai Life Episode 8 Sub Indo: Link Nonton, Jadwal Tayang, dan Spoiler

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.I., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat singkatnja.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x