Daftar Peristiwa Penting Terjadi di 10 Muharram, Hari Asyura Tonggak Sejarah Perkembangan Islam

- 9 Agustus 2022, 08:45 WIB

Literasi News - Hari Asyura (عاشوراء ) adalah hari ke-10 pada bulan Muharram dalam Kalender Hijriyah. Sedangkan arti asyura sendiri adalah kesepuluh.

Pada masa pra-Islam, Asyura diperingati sebagai hari raya resmi bangsa Arab. Pada masa itu orang-orang berpuasa dan bersyukur menyambut Asyura. Mereka merayakan hari itu dengan penuh suka cita sebagaimana hari Nawruz yang dijadikan hari raya di negeri Iran.

Dalam sejarah Arab, hari Asyura (10 Muharram) adalah hari raya bersejarah. Pada hari itu setiap suku mengadakan perayaan, mengenakan pakaian baru dan menghias kota-kota mereka. Sekelompok bangsa Arab, dikenal sebagai kelompok Yazidi, merayakan hari raya tersebut sebagai hari suka cita.

Baca Juga: Daftar Nama Komandan Upacara Proklamasi Kemerdekaan HUT RI di Istana Dari Tahun ke Tahun & Fakta Menarik Lain

Sebelum Islam, Hari Asyura sudah menjadi hari peringatan dimana beberapa orang Mekkah biasanya melakukan puasa.

Ketika Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, ia mengetahui bahwa Yahudi di daerah tersebut berpuasa pada hari Paskah Yahudi atau dalam tradisi Yahudi disebut sebagai hari Yom Kippur. Saat itu, Rasulullah menyatakan bahwa Muslim dapat berpuasa pada hari-hari itu.

Berikut daftar peristiwa penting yang terjadi di Hari Asyura dan dikalangan Muslim Sunni yang dipercayai terjadi pada tanggal 10 Muharram:

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar Hari Ini Selasa 9 Agustus 2022: Ada Final Audisi D Academy 5, Kisah Nyata, dan Panggilan

- Nabi Adam diciptakan
- Dosa Nabi Adam Diampuni setelah bertahun tahun mencari pengampunan karena melanggar larangan Allah

- Nabi Idris diangkat derajatnya oleh Allah dan Malaikat Izrail membawanya ke langit

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x