Bacaan Niat Puasa Arafah Sebelum Hari Raya Idul Adha 2022, Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan

- 17 Juni 2022, 18:25 WIB
Ilustrasi. Bacaan Niat Puasa Arafah Sebelum Hari Raya Idul Adha 2022, Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan
Ilustrasi. Bacaan Niat Puasa Arafah Sebelum Hari Raya Idul Adha 2022, Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan /Pexels.com/khats cassim

Literasi News - Berukut kami sajikan bacaan niat puasa Arafah sebelum Hari Raya Idul Adha 2022, lengkap tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan.

Puasa Arafah adalah salah satu puasa sunah yang dianjurkan dalam agama Islam. Puasa ini dilaksanakan sebelum hari raya Idul Adha dan menjadi bagian dari ibadah sunah sebelum menyambut hari raya kurban tersebut.

Puasa Arafah merupakan puasa yang dikerjakan pada hari Arafah atau hari ke-9 di bulan Zulhijah dalam kalender Hijriah. Di hari itu juga merupakan hari ke-2 ibadah haji yang dilaksanakan oleh umat muslim.

Baca Juga: Jadwal MotoGP 18-19 Juni 2022 di Trans7: Jam Tayang Kualifikasi & Live Race MotoGP Jerman 2022 di Sachsenring

Puasa Arafah termasuk dalam amalan yang dicintai oleh Allah SWT sebagaimana dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW berikut ini.

"Tidak ada hari di mana amal kebaikan saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini. Rasulullah menghendaki 10 hari (awal Dzulhijjah). Lantas para sahabat bertanya: ‘Wahai Rasulullah, tidak juga jihad di jalan Allah?’ Rasulullah SAW menjawab: "Tidak juga jihad di jalan Allah, kecuali orang yang keluar berjihad dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun (mati syahid)." (HR. Al-Bukhari).

Biasanya umat Islam sudah mulai diingatkan untuk mengerjakan puasa sunah ini satu bulan sebelum Idul Adha atau jauh-jauh hari sebelumnya.

Baca Juga: Link Live Streaming Dewa United vs PSIS Semarang di Ajang Piala Presiden 2022, Pukul 16:00 WIB

Karena bisa saja ada beberapa orang yang lupa tanggal pelaksanaan puasa Arafah. Dengan saling mengingatkan, diharapkan nantinya semakin banyak umat Islam yang menjalankan puasa ini dan tentu saja memiliki keutamaan tersendiri dari Allah SWT.

Selain itu, penting untuk mengetahui niat puasa Arafah sebelum Idul Adha. Hal ini sangatlah penting karena akan menentukan sah atau tidaknya puasa kamu.

Halaman:

Editor: Yuanitasari ciptadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x