4 Amalan Harian yang Dianjurkan di Bulan Puasa Ramadhan, Pahalanya Dilipatgandakan, Simak Selengkapnya

- 17 April 2022, 03:10 WIB
4 Amalan Harian yang Dianjurkan di Bulan Puasa Ramadhan, Pahalanya Dilipatgandakan, Simak Selengkapnya
4 Amalan Harian yang Dianjurkan di Bulan Puasa Ramadhan, Pahalanya Dilipatgandakan, Simak Selengkapnya /Literasi News/Dok. H. Asep Dadan Wildan, M.A.

Literasi News - Bulan Puasa Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi setiap orang yang beriman. Oleh kerena itu dianjurkan untuk memperbanyak amalan. Berikut ini kami sajikan 4 amalan harian yang dianjurkan di bulan penuh berkah ini.

Bulan puasa Ramadhan di dalamnya penuh dengan keutamaan, dan Allah SWT menjanjikan bagi siapapun yang mengharapkan keutamaan di bulan mulia ini.

Rasulullah SAW dalam sebuah hadits menjelaskan di Bulan Puasa Ramadhan setiap amalan kebaikan seorang mukmin akan dilipat gandakan pahalanya 10 sampai 700 kali dibandingkan bulan-bulan biasa selain Ramadhan, seperti dijelaskan dalam hadits di bawah ini:

عن أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ ، الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ ، قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ : إِلَّا الصَّوْمَ ، فَإِنَّهُ لِي ، وَأَنَا أَجْزِي بِهِ ، يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي . ( رواه مسلم)

Dari Abi Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: ‘Setiap amal anak Adam akan dilipatgandakan, satu kebajikan dilipatgandakan menjadi 10 sampai 700 kali lipat. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa karena puasa adalah untuk-Ku dan Aku-lah yang membalasnya. Dia meninggalkan kesenangan sahwatnya dan makannya karena-Ku,” (HR Muslim).

Baca Juga: Muhasabah Pagi : Tiga Hal Ini Bila Sering Dilakukan akan Menambah Materi, Keberkahan hingga Derajat Kemuliaan

Tidak hanya itu, pada bulan ini terdapat malam yang jika seseorang menghidupkan malam tersebut dengan berbagai kebaikan maka pahala kebaikannya lebih baik dari ibadah seribu bulan (kurang lebih 83 tahun), yaitu malam lailatul qadar (QS. Al-Qadr [97]:1-5 ).

Dengan keutamaan yang sangat besar ini, lalu amalan apa saja yang dapat kita lakukan selama Bulan Puasa Ramadhan agar dapat meraih keutamaan tersebut.

Berikut ini amalan harian yang dapat kita lakukan untuk meraih keutamaan pada Bulan Puasa Ramadhan, dengan cara ini pula nantinya dapat dijadikan proses pembiasaan bagi bulan-bulan selain Ramadhan.

1. SHALAT merupakan amalan yang sangat istimewa dan utama dalam meraih keutamaan di bulan puasa Ramadhan yang mulai ini. Shalat pada awal waktu, sekaligus memperbanyak sholat-sholat sunat lainnya merupakan amalan harian sangat penting yang bisa kita lakukan pada bulan ini, khususnya shalat sunat tarawih.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x