Muhasabah Pagi: Amalan Harian di Bulan Ramadhan (BAGIAN II)

- 9 April 2022, 04:11 WIB
H. Asep Dadan Wildan, M.A., Muhasabah Pagi: Amalan Harian di Bulan Ramadhan (BAGIAN II)
H. Asep Dadan Wildan, M.A., Muhasabah Pagi: Amalan Harian di Bulan Ramadhan (BAGIAN II) /Literasi News/Dok. Asep Dadan Wildan

Literasi News - Amalan Harian berikutnya yang tidak kalah penting kita optimalkan pada Bulan Ramadlan guna meraih keutamaan dan kesempurnaan akhlak kita adalah:

ketiga, infaq dan shadaqah
Rasulullah SAW merupakan sosok manusia yang paling dermawan. Beliau paling dermawan ketika Bulan Ramadhan saat Malaikat Jibril menemuinya, seperti dijelaskan dalam sebuah hadits:

كانَ النبيُّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ أجْوَدَ النَّاسِ بالخَيْرِ، وكانَ أجْوَدُ ما يَكونُ في رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ.

Nabi SAW adalah orang yang paling dermawan memberikan kebaikan. Beliau paling dermawan ketika di bulan Ramadhan yaitu ketika Jibril menemuinya. (HR. Bukhari).

Baca Juga: Muhasabah Pagi : Amalan Harian di Bulan Puasa Ramadhan, Pahala Dilipatgandakan (BAGIAN I)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat baik untuk meningkatkan kebaikan dan amal shaleh lainnya, tidak hanya untuk mendapatkan berlipat-gandanya pahala yang Allah janjikan, melainkan juga sebagai proses internalisasi dan pelatihan agar kebiasaan ini menjadi karakter dalam kehidupan sehari-hari.

Keempat, Amalan harian lainnya yakni menghidupkan malam-malam di bulan ramadhan dengan i'tikaf dan taqarrub kepada Allah.

أنَّ النبيَّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ، كانَ يَعْتَكِفُ العَشْرَ الأوَاخِرَ مِن رَمَضَانَ حتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ (رواه البخاري)

Sesungguhnya Nabi SAW biasa beri'tikaf pada sepuluh hari setiap Bulan Ramadhan, sampai akhir hayatnya.(HR. Bukhari)

Baca Juga: Muhasabah Pagi : Bulan Puasa Ramadhan, Saat Pintu Ampunan Terbuka

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x