Hati-hati Jika Banyak Cicak di Rumah, Begini Menurut Ustadz Adi Hidayat

- 4 Oktober 2021, 17:13 WIB
Ustadz Adi Hidayat
Ustadz Adi Hidayat /Instagram.com / @adihidayatofficial

Literasi News - Cicak adalah hewan yang sering banyak dijumpai di rumah, Cicak menyukai ruangan terang dan biasa menempel di dinding yang dekat sumber cahaya, seperti lampu.

Karena, sumber cahaya itu yang disukai serangga-serangga kecil yang menjadi makanan utama cicak.

Baca Juga: Jadwal Acara NET TV Hari Senin 4 Oktober 2021, Ada Drakor Reply 1988, Hot Net Prime, Biar Viral, Kurulus Osman

Dalam sebuah Video Youtobe Selain menandakan tempat itu kotor, cicak juga membawa bakteri dan penyakit, seperti diungkapkan Ustadz Adi Hidayat, yang diunggah di kanal Youtube Motivasi Dakwah.

1. Kotoran dan bangkai cicak najis sehingga membatalkan wudhu dan shalat.

"Yang rajih adalah pendapat jumhur ulama, bahwa kotoran cicak dan juga bangkainya adalah termasuk najis. Sehingga wajib dihindari dan dibersihkan jika mengenai badan, pakaian atau tempat-tempat yang dipakai untuk beribadah. Wallahu a'lam."

2. Cicak adalah musuh Nabi Ibrahim

- Cicak memiliki sifat munafik yakni berkhianat.

Dalam haditsnya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Salam bersabda yang artinya: "Bahwasanya ketika Ibrahim dilemparkan ke dalam api maka mulailah

semua hewan melata berusaha memadamkannya, kecuali cicak. Karena sesungguhnya cicak itu mengembus embus api yang membakar Ibrahim." (HR. Ahmad)

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x