Muhasabah Pagi: Dekatkan dan Sandarkan Diri kepada Allah SWT Dalam Kondisi Apapun

- 30 September 2021, 06:59 WIB
Muhasabah Pagi: Dekatkan dan Sandarkan Diri kepada Allah SWT Dalam Kondisi Apapun
Muhasabah Pagi: Dekatkan dan Sandarkan Diri kepada Allah SWT Dalam Kondisi Apapun /Literasi News/Dok. H. Asep Dadan Wildan, M.A.

Literasi News - Hidup tidak selamanya indah seperti yang diharapkan. Pada suatu saat setiap orang pasti melalui masa-masa sulit dan terdesak dengan berbagai problem atau permasalahan kehidupan yang dilaluinya.

Pada masa-masa seperti ini seakan dunia terasa sempit dan langkah terasa berat, serta tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Dalam kondisi seperti ini, tentu siapapun memerlukan sandaran yang kuat agar bisa tegar menghadapi keadaannya, sekaligus ia dapat berpikir jernih untuk mencari solusi terhadap permasahalan yang sedang dihadapinya.

Baca Juga: Kumpulan Koleksi 15 Bingkai Twibbon Peringatan Hari Kesakitan Pancasila 1 Oktober 2021

Peranan Allah SWT pada kondisi seperti terasa sangat diperlukan oleh siapapun. Bahkan biasanya do'a yang dipanjatkan kepada-Nya, dalam kondisi seperti ini akan lebih sering, dibandingkan dalam kondisi normal, ketika tidak ada problem kehidupan.

Allah SWT dalam al-Qur'an menjelaskan bahwa membangun hubungan yang dekat dengan Allah SWT tidaklah semestinya dalam keadaan terdesak saja. Namun dalam keadaan apapun bagi seorang mu'min akan selalu menjalin relasi yang baik dengan Nya.

Bagi seorang mu'min kehadiran Allah SWT sangat diperlukan, baik dalam keadaan senang maupun susah, gembira maupun sedih atau dalam keadaan apapun.

Baca Juga: Jadwal Acara NET TV Hari Ini Kamis 30 September 2021, Drakor Reply 1988, Boys Over Flower, Tunnel, Biar Viral

Sebaliknya, orang yang melampaui batas adalah orang-orang yang hanya dekat kepada Allah SWT pada saat terdesak dengan masalah saja. Namun setelah masalah itu Allah SWT hilangkan, ia kembali lupa kepada Nya. Keadaan ini yang dijelaskan dalam firman-Nya:

وَإِذَا مَسَّ الْإِنْسٰنَ الضُّرُّ دَعَانَا لِجَنۢبِهِۦٓ أَوْ قَاعِدًا أَوْ قَآئِمًا فَلَمَّا كَشَفْنَا عَنْهُ ضُرَّهُۥ مَرَّ كَأَنْ لَّمْ يَدْعُنَآ إِلٰى ضُرٍّ مَّسَّهُۥ  ۚ كَذٰلِكَ زُيِّنَ لِلْمُسْرِفِينَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x