Muhasabah Pagi : Doa Memohon Perlindungan Allah SWT Agar Terhindar Dari Empat Perkara

- 1 April 2021, 06:29 WIB
Muhasabah Pagi : Doa Memohon Perlindungan Allah SWT Agar Terhindar Dari Empat Perkara
Muhasabah Pagi : Doa Memohon Perlindungan Allah SWT Agar Terhindar Dari Empat Perkara /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW mengajarkan sebuah do'a untuk berlindung dari empat perkara, berikut doa yang Rasulullah SAW sampaikan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ, وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ, وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ, وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu’, hawa nafsu yang tidak pernah puas dan doa yang tidak dikabulkan.” (HR. Muslim).

Baca Juga: BMKG Hari ini, 1 April 2021. Waspada Hujan Antara Siang hingga Malam Hari di Jawa Barat

Baca Juga: BKN : Pendaftaran Seleksi PPPK Mei-Juni 2021, Daftar Hanya Di Portal SSCASN

Ilmu yang semestinya sebagai cahaya dan memberi kemanfaatan bagi seseorang, namun dalam kenyataannya ilmunya tidak memberikan efek kepada kemuliaan akhlak dan kekokohan imannya. Ia hanya pengoleksi ilmu dan pengoleksi gelar, sementara terbengkalai dalam memperkokoh keimanan dan menyempurnakan kemuliaan akhlaknya.

Hati yang tidak pernah merasakan suatu keni'matan saat dekat dengan Maha Pencipta, tidak merasa terpaut dengan Kemaha-besaran Allah SWT saat sujud kepada-Nya, melalui sholat dan ibadah-ibadah ritual lainnya.

Nafsu yang tidak pernah puas dan tidak dapat dikendalikan untuk meraih keni'matan materi sesaat. Tidak ada lagi rumus halal atau haram, baik atau buruk, asalkan keinginan nafsunya dapat tercapai.

Baca Juga: Tanggapi Penyerangan di Mabes Polri, Wakil Ketua Komisi III DPR: Perang Terbuka Teroris untuk NKRI

Do'a yang tidak lagi didengar oleh Allah SWT karena kelalaian kepada syari'at-Nya, ia melupakan Allah SWT sehingga Allah SWT melupakannya. Tidak ada lagi kekuatan do'a baginya sehingga hidupnya terombang-ambing karena Allah SWT tidak lagi hadir dalam semua permasalahan hidupnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x