Muhasabah Pagi : Dua Hal yang Bisa Menyebabkan Manusia Masuk Surga atau Neraka

- 23 Februari 2021, 06:28 WIB
Muhasabah Pagi : Dua Hal yang Bisa Menyebabkan Manusia Masuk Surga atau Neraka /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Dalam beberapa ayat Al Qur'an maupun hadits telah dijelaskan keutamaan orang yang bertaqwa dan memiliki akhlaq yang baik di pandangan Allah SWT.

Kedua hal inilah yang menjadikan seorang manusia itu mulia di hadapan Allah SWT, dan akan menjadikannya sebagai kekasihnya dan dimasukkan ke dalam surganya yang khusus bagi hambanya yang memiliki kedua hal tersebut.

Namun sebaliknya ada dua penyebab seorang manusia yang dengan kedua hal ini dapat terjerumus ke tempat yang paling hina di akhirat kelak.

Baca Juga: Cuti Bersama Tahun 2021 Dikurangi, Jadinya Tinggal Dua Hari. Berikut Penjelasannya

Hal ini pernah ditanyakan oleh seorang sahabat kepada Rasulullah SAW dalam hadits di bawah ini.



عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ الْجَنَّةَ فَقَالَ : تَقْوَى اللَّهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ . وَسُئِلَ عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ النَّارَ فَقَالَ: الْفَمُ وَالْفَرْجُ .

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW ditanya mengenai apa penyebab terbanyak manusia masuk syurga? Nabi menjawab: “Takwa kepada Allah dan akhlak yang baik”. Rasulullah SAW pun ditanya tentang apa penyebab terbanyak manusia masuk neraka? Nabi menjawab: "mulut dan kemaluan”(HR. Majah dan Ahmad).

Banyak manusia di dunia, dan Allah SWT pun memperlihatkan kehinaan mereka karena perilaku tidak dapat menjaga kedua hal yang Rasulullah SAW jelaskan dalam hadits di atas.

Baca Juga: Seorang Ibu Rumah Tangga Terlibat Peredaran Sabu, Diringkus Satnarkoba Polres Cianjur

Islam menempatkan manusia sebagai makhluk paling sempurna, sejatinya mulut dan kehormatannya selalu dijaga untuk menjaga kesempurnaannya di hadapan Allah SWT. Karena ketidak mampuan dalam menjaga kedua hal tersebut, kesempurnaannya menjadi hilang di hadapan Nya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X