Muhasabah Pagi : Semua Do'a Dikabulkan Allah SWT Melalui Tiga Cara

- 18 Februari 2021, 07:32 WIB
Muhasabah Pagi: Semua Doa Dikabulkan Allah SWT dengan tiga cara
Muhasabah Pagi: Semua Doa Dikabulkan Allah SWT dengan tiga cara /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Allah SWT dalam beberapa ayat al Qur'an memerintahkan hamba Nya untuk selalu berdo'a kepada Nya (lihat Surat al A'raf: 55; Ghafir: 60), karena Allah SWT tempat bergantungnya semua asa dan harapan setiap hamba Nya yang beriman.

Do'a tidak bermakna statis atau diam. Namun doa mengandung makna dinamis dengan penuh optimisme. Sebab seorang mukmin akan selalu terus berupaya dan berusaha agar Allah SWT ikut intervensi dalam mewujudkan doanya melalui ikhtiar yang dia usahakan.

Baca Juga: Pembangunan Perumahan Bataru Dimulai. Kini Sudah Ada 1.800 Pemohon, 250 Diantaranya Selesai Diproses

Namun kita sering bertanya apakah doa kita dikabulkan oleh Allah SWT atau tidak? Untuk menjawab hal itu, Rasulullah SAW pernah bersabda dalam hadits riwayat at Tirmidzi:

مَا مِنْ رَجُلٍ يَدْعُو اللَّهَ بِدُعَاءٍ إِلَّا اسْتُجِيبَ لَهُ، فَإِمَّا أَنْ يُعَجَّلَ فِي الدُّنْيَا، وَإِمَّا أَنْ يُدَّخَرَ لَهُ فِي الْآخِرَةِ، وَإِمَّا أَنْ يُكَفَّرَ عَنْهُ مِنْ ذُنُوبِهِ بِقَدْرِ مَا دَعَا، مَا لَمْ يَدْعُ بِإِثْمٍ أَوْ قَطِيعَةِ رَحِمٍ، أَوْ يَسْتَعْجِلْ “. قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَكَيْفَ يَسْتَعْجِلُ ؟ قَالَ : يَقُولُ : دَعَوْتُ رَبِّي، فَمَا اسْتَجَابَ لِي

Tidaklah seseorang memohon kepada Allah dengan berdoa melainkan akan dijawab doanya tersebut. Bisa jadi Allah segerakan (kabulkan) doanya di dunia. Bisa jadi pula doanya itu akan disimpan baginya (investasi) di akhirat. Bisa juga Allah hapus dosa-dosanya sesuai kadar doanya itu. Selama orang tersebut tidak berdoa dengan dosa atau memutus silaturahim atau yasta’jil.

Mereka bertanya’ Wahai Rasulullah bagaimana yasta’jil itu?. Rasul menjawab: dia berkata, “aku sudah berdoa pada Tuhan-Ku tapi tidak juga dijawab“. (HR. Tirmidzi)

Baca Juga: Wow, di 6.061 RT Tulungagung Jawa Timur, Tidak Ada Temuan Kasus Covid-19

Selama kita tidak melakukan dosa, memutuskan silaturahim dan tidak tergesa-gesa ingin cepat dikabulkan do'a kita, maka selama itu semua do'a kita pun akan selalu dikabulkan oleh Allah SWT melalui tiga cara:

- dikabulkan langsung
- ditangguhkan untuk kelak di akhirat
- dikabulkannya dengan cara dihapuskan dosa kita sesuai dengan kadar do'a kita.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x