Muhasabah Pagi : Tiga Hal untuk Mendapatkan Manisnya Iman

- 17 Februari 2021, 11:17 WIB
Muhasabah pagi: Tiga Hal untuk mendapatkan manisnya Iman
Muhasabah pagi: Tiga Hal untuk mendapatkan manisnya Iman /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Rasulullah SAW telah bersabda:

ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلاَوَةَ الإِيمَانِ أَنْ يَكُونَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا ، وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لاَ يُحِبُّهُ إِلاَّ لِلَّهِ ، وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِى الْكُفْرِ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِى النَّارِ

Ada tiga hal, yang jika ini ada pada diri seseorang maka dia akan mendapatkan manisnya iman; Allah dan rasul-Nya lebih dia cintai dari pada selainnya, dan Tidaklah dia mencitai orang lain melainkan karena Allah, dan dia membenci untuk kembali kepada kekufuran sebagaimana dia benci untuk dilemparkan ke neraka. (HR. Bukhari dan Muslim).

Iman itu suatu perjuangan yang akan terasa manisnya jika telah melalui suatu proses internalisasi nilai-nilai keimanan dalam hati yang kemudian diimplementasikan dalam tindakan nyata.

Baca Juga: Liverpool Buka Peluang ke Semi Final Liga Champion 2020-2021, Taklukan RB Leipzig di Puskas Arena

Rasulullah SAW memberikan tiga tips agar dalam memperjuangkan iman ini berbuah manis bagi siapapun yang dapat melakukannya.

Yang pertama, kecintaan pada Allah dan Rasul Nya lebih dicintai melebihi yang lain termasuk dirinya sendiri. Dalam kondisi ini iman telah mejadi spirit baginya dalam segala tindakannya.

Pertimbangan kecintaan kepada Allah dan Rasul Nya akan selalu menjadi prioritas apapun resiko yang dihadapi, semuanya tidak ada artinya daripada ia harus mengorbankan kecintaan kepada Allah dan Rasul Nya.

Baca Juga: Aturan Ganjil Genap Kendaraan Bermotor Akhir Pekan di Kota Bogor Dilanjutkan. Ini Penjelasan Wali Kota

Kedua, kecintaan pada seseorang bukan lagi karena dasar pertimbangan materi, status sosial apalagi biologis. Namun ia mendasarkan cintanya karena Allah SWT. Baginya Allah yang dapat mempersatukannya sekaligus memisahkannya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x