Muhasabah Pagi: Doa Malaikat Bagi Muslim yang Mendoakan Sesama

- 16 Februari 2021, 07:41 WIB
Muhasabah pagi: Doa Malaikat Bagi Muslim yang Mendoakan Sesama
Muhasabah pagi: Doa Malaikat Bagi Muslim yang Mendoakan Sesama /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Rasulullah SAW telah bersabda:

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Dari Abi Darda RA, telah bersabda Rasulullah SAW.: "Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) yang berjauhan (tiada disisinya), melainkan malaikat akan mendoakannya pula: 'Dan bagimu kebaikan yang sama.' (Riwayat Muslim).

Tidak ada yang ruginya ketika kita mendoakan untuk siapapun. Semua kebaikan dari doa akhirnya akan kembali lagi kepada kita.

Baca Juga: Jadwal Belajar dari Rumah TVRI Hari Ini, Selasa 16 Februari 2021, Bisa Diunduh Bahannya di Sini

Suatu kewajaran ketika kita selalu mendoakan orang-orang yang dekat atau orang-orang yang kita kenal karena kebaikan dan jasa mereka kepada kita.

Namun ada doa yang ketika kita panjatkan kepada Allah SWT untuk sesama muslim, kemudian doa yang serupa dipanjatkan juga oleh para malaikat kepada Allah SWT untuk kita, itulah doa dzahril ghaib.

Doa dzahril ghaib adalah doa yang kita panjatkan untuk sesama muslim, sementara kita tidak mengenal orang muslim yang kita doakan, dan mereka pun tidak tahu bahwa kita mendoakan mereka. Maka pada saat bersamaan para malaikat pun mendoakan hal yang serupa untuk kita.

Baca Juga: Zona Merah Berkurang, Jawa Barat Kedua Tertinggi Nasional Tambahan Kasus Positif Covid-19

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x