Muhasabah Pagi: Pendidikan Allah Melalui Pandemi Covid 19

- 25 Januari 2021, 06:22 WIB
Muhasabah Pagi: Pendidikan Allah Melalui Pandemi Covid 19
Muhasabah Pagi: Pendidikan Allah Melalui Pandemi Covid 19 /Hasbi NR/Literasi News

بسم الله الرحمن الرحيم

Literasi News - Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْىِۦٓ أَنْ يَضْرِبَ مَثَلًا مَّا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا  ۚ فَأَمَّا الَّذِينَ ءَامَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّهِمْ  ۖ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَيَقُولُونَ مَاذَآ أَرَادَ اللَّهُ بِهٰذَا مَثَلًا  ۘ يُضِلُّ بِهِۦ كَثِيرًا وَيَهْدِى بِهِۦ كَثِيرًا  ۚ وَمَا يُضِلُّ بِهِۦٓ إِلَّا الْفٰسِقِينَ

"Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka tahu bahwa itu kebenaran dari Tuhan. Tetapi mereka yang kafir berkata, Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini? Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang dibiarkan-Nya sesat, dan dengan itu banyak (pula) orang yang diberi-Nya petunjuk. Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu selain orang-orang fasik,"
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 26)

Baca Juga: Kabar Gembira, Kemenag Siapkan Insentif Bagi Ustadz Pesantren dan Program Indonesia Pintar (PIP) Santri 2021

Sudah mendapat pelajaran apa kita melalui pandemi Covid 19 ini? Ini mungkin pertanyaan yang paling tepat untuk kita saat ini.

Manusia sering membanggakan diri dengan berbagai hasil ciptaannya yang serba paling. Paling besar, paling tinggi, dan lain sebagainya.

Allah melalui Surat Al Baqarah ayat 26 menyampaikan pesan bahwa Allah tidaklah segan atau malu membuat perumpamaan makhluk yang kecil seumpama nyamuk atau lebih kecil daripada itu.

Baca Juga: KIP-Kuliah Dibuka Lagi, Siapkan Dokumen Ini Untuk Daftar, Bisa Dapat Rp30 Juta lebih

Virus Covid 19 adalah salah satu makhluk Allah yang kecil, saking kecilnya tidak dilihat oleh kasat mata manusia. Namun seluruh manusia di dunia takut pada makhluk tersebut.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x