Rutin Konsumsi Curcuma Dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh dan Melindungi Hati

- 21 Oktober 2020, 22:02 WIB
Manfaat kunyit.
Manfaat kunyit. /PIXABAY/Stevepb/

Literasi News - Ada banyak resep herbal asli Indonesia yang dapat memperkuat kekebalan tubuh dan melindungi dari segala penyakit, seperti curcuma atau disebut juga kunyit.

"Aktivitas curcumin  bersifat antioksidan, anti peradangan, imunomodulator atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meregulasi respon imun," ujar DR (Cand) dr Inggrid Tania, M.Si, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dalam talkshow virtual, Rabu 21 Oktober 2020.

Baca Juga: Menaker Luncurkan Mang Covid, Miliki Tiga Sasaran Sekaligus Hadapi Covid-19

Selain itu, khasiat terkenal lainnya dari curcuma ini juga bersifat hepatoprotektor atau melindungi fungsi hati, melalui mekanisme kerjanya sebagai antioksidan yang dapat menangkal proses oksidasi oleh radikal bebas.

Adanya penyakit infeksi virus, misalnya penyakit hepatitis B atau C, konsumsi alkohol, kondisi dislipidemia (gangguan kadar lemak darah), maupun efek samping konsumsi obat-obatan tertentu.

Baca Juga: Seru, Ada 129 Rencana Bisnis yang Jadi Finalis Tingkat Nasional dalam FIKSI 2020

Hal ini dapat menimbulkan proses oksidatif yang mengakibatkan peradangan atau gangguan fungsi liver, yang jika dibiarkan akan terjadi kerusakan hati yang permanen (fibrosis dan cirrhosis).

"Dengan mengonsumsi curcumin sejak awal, itu lebih baik, karena proses oksidasi bisa dicegah," katanya.***

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x