Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur, Akibatkan Penyakit Perut Hingga Malas

- 29 Maret 2023, 04:08 WIB
Ilustrasi tidur. Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur, Akibatkan Penyakit Perut Hingga Malas.
Ilustrasi tidur. Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur, Akibatkan Penyakit Perut Hingga Malas. /Unsplash/Mert Kahveci/

Literasi News - Salah satu rutinitas yang dilakukan pada bulan Ramadhan adalah sahur. Islam sangat menganjurkan sahur agar setiap muslim tetap kuat dalam menjalani aktivitas-aktivitas selama berpuasa.

Namun ternyata, terdapat kebiasaan yang kurang baik yang sering dilakukan oleh orang-orang setelah menjalani salah satu kesunnahan puasa ini, yaitu tidur setelah sahur.

Melansir dari laman NU, normalnya tubuh manusia, memerlukan waktu setidaknya dua jam untuk mencerna makanan yang dikonsumsi, sehingga lambung menjadi kosong. Selanjutnya, sisa makanan akan berpindah ke usus untuk dipadatkan menjadi feses (kotoran).

Baca Juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Dapat Mengatasi Diabetes Hingga Cara Diet Alami

Tidur setelah sahur bisa melambatkan proses pencernaan, sehingga makanan akan terlalu lama dalam perut, yang bisa membahayakan pada kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, orang-orang yang sahur seharusnya menghindari kebiasaan ini, agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga selama menjalani puasa Ramadhan.

Salah satu ulama mazhab Hanafi terkemuka, Syekh Abdul Hamid Mahmud yang mengatakan bahwa tidur setelah sahur juga berbahaya bagi perut. Selain itu, ia juga menyarankan untuk memperbanyak ibadah dan istighfar di waktu tersebut, karena waktu sahur merupakan waktu yang sangat mulia.

Dalam kitabnya disebutkan:

لَا يَنْبَغِي النَّوْمُ بَعْدَ السُّحُوْرِ، فَاِنَّ ذَلِكَ يُسَبِّبُ حُمُوْضَةً فِي الْمَعِدَّةِ وَعُسْرًا فِي هَضْمِ الطَّعَامِ بَلْ يَنْبَغِي الْاِقْبَالُ فِي هَذَا الْوَقْتِ عَلَى الْعِبَادَةِ وَالْاِسْتِغْفَارِ، فَاِنَّ هَذَا الْوَقْتِ مِنْ أَفْضَلِ أَوْقَاتِ الْيَوْمِ كُلِّهِ لِطَاعَةِ اللهِ وِعِبَادَتِهِ

Artinya:

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x