Gunung Semeru Erupsi: Terungkap Inilah 9 Misteri yang Bikin Merinding

- 4 Desember 2022, 14:04 WIB
Gunung Semeru Erupsi: Terungkap Inilah 9 Misteri yang Bikin Merinding.
Gunung Semeru Erupsi: Terungkap Inilah 9 Misteri yang Bikin Merinding. /Pixabay

Literasi News - Kabar meletusnya gunung Semeru sempat membuat geger publik pasalnya hal tersebut viral setelah sebuah video terkait letusan gunung Semeru menyebar di berbagai sosial media.

Dari kabar yang beredar tersebut ternyata gunung Semeru menyimpan beberapa misteri menurut cerita dari para pendaki, dan inilah 9 misteri gunung Semeru.

1. Gunung Semeru dipercaya sebagai ayah dari gunung agung di Bali

Sebagian dari masyarakat Bali percaya jika gunung Semeru merupakan ayah dari gunung agung lingga Sanghyang pasopati, bahkan masyarakat Bali juga melakukan upacara saji kepada para dewa yang bersemayam di gunung Semeru.

Baca Juga: Zodiak VIRGO: Bersiaplah Untuk Perubahan Besar di Awal Tahun 2023

Upacara sesaji tersebut biasanya dilakukan setiap 8 sampai 12 tahun sekali yaitu hanya pada saat seseorang mendengar suara gaib dari dewa gunung Semeru, selain upacara sesaji masyarakat Bali juga sering ke goa Widodaren di sekitar Bromo untuk mendapatkan Tirta suci.

2. Puncak Mahameru dipercaya sebagai tempat dewa bersemayam

Puncak Mahameru adalah titik tertinggi di tanah Jawa, keyakinan masyarakat kuno meyakini jika puncak tersebut adalah tempat bersemayamnya para dewa dan jika kita ingin mendengarkan suara-suara dewa mereka harus berada terlebih dahulu di puncak Mahameru tersebut.

Puncak Mahameru memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut, memiliki predikat sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa membuat setiap pendaki yang bisa menaklukkan puncak ini memiliki kebanggaan tersendiri atas prestasinya.

Baca Juga: Jadwal Acara TransTV Hari Ini 4 Desember 2022: Ada Rindu, Holaraga, Bioskop Spesial, dan Film Bioskop Trans TV

Halaman:

Editor: Yuanitasari ciptadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x