Logo dan Tema Hari Santri Nasional 2022, Berikut Filosofinya

- 20 Oktober 2022, 10:42 WIB
Logo dan Tema Hari Santri Nasional 2022, Berikut Filosofinya.
Logo dan Tema Hari Santri Nasional 2022, Berikut Filosofinya. /kemenag.go.id/

Literasi News - Hari Santri Nasional 2022 mengusung tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan". Tema tersebut di usung dan pilih langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Dengan dipilihnya tema tersebut yang mengandung pesan Santri adalah pribadi yang siap sedia mendarmabaktikan hidupnya pada Bangsa dan Negara.

Hari Santri Nasional yang ditetapkan pada tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh pahlawan Nasional, KH Hasyim Asy'ari pada tanggal 22 Oktober 1945.

Baca Juga: Nonton Perfect Strangers Versi Indonesia: Sinopsis, Daftar Pemain dan Jadwal Tayang di Prime Video

Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai Hari Santri Nasional dikarenakan pada hari tersebut, Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama yang dipimpin oleh Hadratusyekh KH Hasyim Asy'ari.

Dicetuskan sebagai upaya untuk mengobarkan semangat para pejuangan yang mempertahankan NKRI dari Belanda yang diboncengi oleh NICA, yang kembali datang ke Indonesia pada bulan Oktober 1945.

Penetapan Hari Santri Nasional adalah berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani pada 15 Oktober 2015 di Mesjid Istiqlal Jakarta.

Baca Juga: Nonton Anime Renai Flops Episode 2 Sub Indo Resmi: Link Streaming, Jadwal Tayang, dan Preview Sinopsis

Penetapan Hari Santri Nasional dimaksud untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama.

Selain meluncurkan peringatan tema Hari Santri Nasional 2022, Menag juga meluncurkan Logo Hari Santri Nasional yang mengandung berbagai makna Filosofi seperti berikut:

Halaman:

Editor: Yuanitasari ciptadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x