Kisah Singkat Sejarah dan Karomah Syekh Subakir Sang Penumbal Tanah Jawa

- 16 Agustus 2022, 06:15 WIB
Kisah Singkat Sejarah dan Karomah Syekh Subakir Sang Penumbal Tanah Jawa..
Kisah Singkat Sejarah dan Karomah Syekh Subakir Sang Penumbal Tanah Jawa.. /Screenshot YouTube Aliqul Channel/

Literasi News - Kisah Syekh Subakir sang panumbal tanah Jawa tidak banyak orang mengetahui dan mengenal nama Syekh Subakir.

Padahal Syekh Subakir adalah salah seorang ulama besar wali songo periode pertama yang dikirim khalifah dari kesultanan Turki utsmaniyah Sultan Muhammad pertama untuk menyebarkan agama Islam di wilayah nusantara.

Syekh Subakir konon adalah seorang ulama besar yang telah menumbal tanah Jawa dari pengaruh negatif makhluk halus saat awal penyebaran ajaran Islam di nusantara.

Baca Juga: Jadwal Pemulangan Jemaah Haji Indonesia Telah Berakhir: 93.505 Jemaah Sudah Tiba di 13 Debarkasi Tanah Air

Kisahnya dimulai saat Sultan Muhammad pertama bermimpi mendapat wangsit atau ilham, petunjuk untuk menyebarkan dakwah islam ke tanah Jawa.

Adapun mubalighnya diharuskan berjumlah 9 orang, jika ada yang pulang atau wafat maka akan digantikan oleh ulama lain asal tetap berjumlah 9, sehingga dikumpulkanlah beberapa ulama terkemuka dari seluruh penjuru dunia.

Para ulama yang dikumpulkan tersebut mempunyai keahlian masing-masing, ada yang ahli tata negara, berdakwah, pengobatan, tumbal atau ruqyah dan lain-lain, lalu dikirimlah beberapa ulama ke nusantara atau tanah Jawa, namun sudah beberapa kali utusan dari kesultanan Turki utsmaniyah yang datang ke tanah Jawa untuk menyebarkan agama Islam tapi pada umumnya mengalami kegagalan.

Penyebabnya masyarakat Jawa saat itu sangat memegang teguh kepercayaannya, sehingga para ulama yang dikirim mendapatkan halangan karena meskipun berkembang tetapi ajaran agama Islam hanya dalam lingkungan skala yang kecil tidak bisa berkembang secara luas seperti yang diharapkan.

Selain itu konon pulau Jawa saat itu masih merupakan hutan belantara, angker, yang dipenuhi makhluk halus dan jin jahat. Lalu diutuslah Syekh Subakir ulama asal Persia yang ahli dalam meruqyah, ekologi, meteorologi dan geofisika ke tanah Jawa.

Beliau diutus secara khusus menangani masalah-masalah gaib dan spiritual yang dinilai telah menjadi penghalang diterimanya Islam oleh masyarakat Jawa ketika itu.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x