Hidangan Idul Adha 2022: Cara Membuat dan Resep Sop Kambing Bening, Cocok Disajikan Saat Merayakan Idul Kurban

- 5 Juli 2022, 16:37 WIB
Hidangan Idul Adha : Cara Membuat dan Resep Sop Kambing Bening, Hidangan Ini Cocok Disajikan Untuk Santap Bersama Saat Idul Kurban
Hidangan Idul Adha : Cara Membuat dan Resep Sop Kambing Bening, Hidangan Ini Cocok Disajikan Untuk Santap Bersama Saat Idul Kurban /Dok. Literasi News/Dok.BU

Literasi News - Berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat sop kambing bening. Hidangan ini cocok dibuat dan disajikan untuk santap bersama ketika Idul Adha. Selain di Indonesia, Sop ini sering dibuat warga di Malaysia dan Singapura.

Sop kambing adalah makanan yang cukup mudah didapat di Indonesia dan Malaysia. Panganan ini berbahan dasar daging kambing, tomat, dan seledri, lalu disiram dengan kuah bening beraroma rempah, seperti jahe, kemiri dan daun jeruk.

Resep untuk membuat sop kambing pun sangat beragam. Selain di Indonesia, menu idul adha ini juga dapat ditemukan di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Baca Juga: Jadwal AFF U19 di Indosiar Hari Ini, Rabu 6 Juli 2022: Jam Tayang Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Thailand

Di Indonesia, sop kambing menjadi hidangan wajib pada saat idul adha. Biasanya, makanan satu ini akan dihidangkan bersama dengan sate dan juga nasi hangat.

Berikut ini bahan untuk membuat sop kambing bening:

500 gram daging kambing
1 liter air
8 buah bawang merah
6 siung bawang putih
2 butir kapulaga
1 buah kembang lawang
2 buah cengkeh
1 cm Kayumanis
3 cm Jahe, memarkan
1 buah tomat
1 sdt merica bubuk
1 sdt garam
Daun bawang secukupnya
Bawang goreng secukupnya
Sambal cabai rawit untuk pelengkap

Baca Juga: Ular Kobra Jawa Panjang 3 Meter Masuk Rumah Warga di Perumnas Cilaku Kabupaten Cianjur Dievakuasi Tim Rescue

Cara membuat sop kambing bening :
Rebus daging kambing bersama kembang lawang, kapulaga, cengkeh, jahe dan kayu manis. Sementara menunggu daging matang, haluskan bawang merah dan bawang putih. Kemudian tumis hingga harum.

Tambahkan bumbu tumisan ke dalam air rebusan daging yang sudah mendidih. Masukan garam dan merica. Masak selama 45 menit atau hingga daging matang dengan sempurna.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x