Modus Penipuan Lewat WhatsApp Makin Marak, Ini 5 Langkah Agar Terhindar dari Pembajakan

- 8 April 2021, 16:35 WIB
Ilustrasi. Modus Penipuan Lewat WhatsApp Makin Marak, Ini 5 Langkah Agar Terhindar dari Pembajakan /Literasi News/Hasbi NR

Literasi News - Modus penipuan melalui platform WhatsApp semakin marak terjadi. Mulai dari undian berhadiah, pengiriman tautan yang berakhir pada bobolnya akun e-commerce, hingga membuat akun Whatsapp kita kena hack.

Dikutip dari laman Patroli Siber, ternyata penipuan melalui WhatsApp menjadi salah satu dari sekian banyak modus yang dilaporkan oleh masyarakat. Modus paling sering digunakan adalah dengan memindai (scanning) QR Code yang tersedia pada fitur Whatsapp Web di ponsel kita.

Si Pembajak Whatsapp akan menggunakan akun kita untuk melakukan beragam hal, seperti meminta uang, meminta pulsa, bahkan melakukan romance scam. Tentu kita tidak ingin terjebak dengan penipuan semacam ini, kan?

Baca Juga: KPK Telah Memecat IGAS, Pegawai yang Terbukti Mencuri 1,9 Kilogram Emas

Baca Juga: Terlilit Hutang, Pegawai KPK Curi Empat Emas Batangan 1,9 Kilogram Barang Bukti Perkara Korupsi

Maka dari itu, supaya terhindar dari Pembajak WhatsApp, perhatikan beberapa langkah yang bisa dilakukan di bawah ini:

1. Aktifkan fitur 'Lock Whatsapp'
Salah satu fitur keamanan terkini yang disematkan WhatsApp adalah fitur pengunci layar. Fitur ini dapat diaktifkan melalui bagian ‘setting’, ‘privacy’, lalu aktifkan fitur ‘screen lock’.

2. Ubah “Last Seen” menjadi “Nobody”
Bagi orang yang benar-benar jahil, informasi status online kita bisa menjadi sangat berguna bagi mereka. Mereka bisa saja mempelajari aktivitas kita di WhatsApp. Hal ini bisa berbahaya, karena bisa saja pembajak meniru kebiasaan online kita setelah berhasil membajak akun kita.

Baca Juga: Siaran Langsung Liga Eropa 2020-2021 Perempat Final Leg Pertama, Nanti Malam 9 April 2021 di SCTV

3. Atur “Profile Photo” anda menjadi “My Contacts”
berhati-hati untuk menunjukkan profile picture kita di platform ini. Soalnya, bisa saja orang yang tidak dikenal dengan mudah dapat menggunakan gambar kita di akun WhatsApp atau platform lainnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X