Ikan Cupang Kini Jadi Incaran Pencuri. Selain Banyak Peminatnya, Harga Dipasaran Juga Terbilang Tinggi

- 24 Februari 2021, 13:16 WIB
Ikan Cupang kini sudah menjadi komoditas bisnis, sehingga menjadi incaran pencuri. Selain banyak peminatnya, harga dipasaran juga terbilang tinggi
Ikan Cupang kini sudah menjadi komoditas bisnis, sehingga menjadi incaran pencuri. Selain banyak peminatnya, harga dipasaran juga terbilang tinggi /Nabiel Purwanda/Literasi News

Literasi News - Sejak pandemi Covid-19, penjualan ikan cupang trennya meningkat. Harganya pun semakin tinggi, khususnya untuk jenis unggulan seperti avatar gordon, multicolour dan bluerim.

Ikan Cupang saat ini memiliki nilai ekonomi tinggi, sehingga ikan hias dan aduan ini pun menjadi incaran para pencuri. Pelakunya diduga paham dengan nilai jual ikan Cupang. Sebab yang mereka curi jenis ikan Cupang yang memiliki nilai jual tinggi.

Hal itu terjadi seiring dengan tingginya harga ikan Cupang di pasaran, sehingga banyak masyarakat berlomba-lomba untuk memiliki jenis Cupang unggulan. Kini ikan cupang bukan hanya sekedar peliharaan, tetapi sudah menjadi komoditas bisnis.

Baca Juga: Kementerian KKP Kerja Sama Dengan Prancis Dalam Pengembangan Pelabuhan Ikan Ramah Lingkungan

Oleh karena itu, Ketua Komunitas Cupang Cianjur (KCC), Mochamad Ogi Hamzah mengingatkan pembudidaya dan penggemar ikan Cupang agar meningkatkan kewaspadaan dalam menyimpan koleksi yang mereka miliki.

Menurutnya aksi pencurian ikan Cupang akhir akhir ini tengah marak, khususnya di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Hal itu terjadi seiring tingginya minat masyarakat terhadap ikan Cupang.

Ogi mengaku, puluhan ekor ikan Cupang peliharaan dan ternakannya raib digondol kawanan pencuri, sehingga dirinya mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. "Di kolam milik saya saja sudah puluhan ekor yang di curi," katanya Selasa 23 Februari 2021.

Baca Juga: KOPRI Kota Bandung Selenggarakan Sharing KOPRI Se-Jawa Barat. Bahas Tema Perempuan Bersatu Indonesia Maju

Ogi menduga aksi pencurian ikan Cupang itu dilakukan oleh para pelaku yang paham dengan nilai jual ikan Cupang.

"Mereka curi dari kolam, ikan-ikan Cupang yang memiliki nilai jual tinggi. Seperti avatar gordon, multicolour dan bluerim," jelasnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x