Yuk Mulai Hidup Sehat ala Rasulullah. Berikut Tipsnya

- 25 November 2020, 07:05 WIB
Ilustrasi: persiapan olahraga
Ilustrasi: persiapan olahraga /Literasi News/Hasbi NR

Literasi News - Siapa sih yang tidak ingin memiliki badan yang sehat? Tentunya banyak di antara kita yang ingin hidup sehat dan melakukan berbagai cara menjaga tubuh agar kita tetap bugar dan sehat. Karena kesehatan adalah salah satu nikmat dari Allah SWT yang harus kita syukuri, salah satunya dengan cara menjaga kesehatan.

Dalam sebuah hadis, Nabi SAW bersabda “Dua nikmat yang sering kali manusia tertipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Bukhari no. 6412).

Rasulullah SAW adalah pribadi yang sangat memperhatikan kesehatan. Bahkan konon Rasulullah SAW hanya 2x merasakan sakit selama hidupnya. Yaitu saat menerima wahyu pertama, ketika itu beliau tengah mengalami demam hebat. Kemudian yang kedua sewaktu beliau hendak wafat.

Baca Juga: Ini Syarat Utama Penerima Bantuan Subsidi Gaji GTK dan Guru PAI non PNS Kemenag

Beliau, Rasulullah SAW adalah sosok yang selalu menjaga kesehatan dan juga menjaga kebersihan sehingga dirinya terhindar dari penyakit.

Aspek inilah, kita sebagai umatnya dapat mencontoh untuk kemudian mencoba dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, apalagi ditengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita semua untuk menjaga kesehatan.

1. Mulailah memperhatikan pola makan
Memperhatikan pola makan adalah salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan diri kita. Karena kesehatan kita juga bergantung pada makanan-makanan yang kita konsumsi dan masuk pada tubuh kita.

Baca Juga: Menkeu: Tahun 2021 Telah Dicadangkan Rp24,92 triliun untuk ASN daerah dan guru PPPK

Seperti Rasulullah SAW, sangat menjaga pola makan dan memperhatikan makanan yang masuk haruslah makanan yang halal dan tayyib (baik).

“Makanlah di antara rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Dan Barangsiapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, Maka sesungguhnya binasalah ia.” (Qs. Thaha: 81).

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x