Kurs Rupiah Merosot Ditengah Indeks Dolar AS Terus Merangkak Naik

- 18 April 2023, 21:16 WIB
Kurs Rupiah Merosot Dingah Indeks Dolar AS Terus Merangkak Naik.
Kurs Rupiah Merosot Dingah Indeks Dolar AS Terus Merangkak Naik. /Ringtimes Bali

Literasi News - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada awal perdagangan Selasa melemah di tengah penguatan indeks dolar AS (DXY).

Pada selasa pagi dibuka, rupiah merosot 15 poin atau 0,10 persen ke posisi Rp 14.809 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 14.794 per dolar AS.

"Dari luar negeri nilai tukar dolar AS cenderung menguat dalam beberapa waktu terakhir, dipengaruhi oleh perkembangan positif data ekonomi AS," kata ekonom Mirae Asset Sekuritas Rully Arya Wisnubroto dikutip dari ANTARA, di Jakarta.

Baca Juga: Pemkot Bandung Petimbangkan Beri Bantuan Hukum Yana Mulyana Terkait Kasus Suap CCTV

Rully menuturkan saat ini indeks dolar AS USD (DXY) kembali berada di atas level 102, pertama kalinya dalam empat hari terakhir.

Rilis data ekonomi pada Senin 17 April 2023 begitu beragam. Indeks bisnis Empire State fed New York, ukuran aktivitas manufaktur di negara bagian itu, melonjak 35,4 poin menjadi 10,8 pada April.

Dolar juga terangkat setelah data aktivitas pabrik negara bagian New York pada April meningkat untuk pertama kali dalam lima bulan, membantu meningkatkan ekspektasi Federal Reserve akan tetap menaikkan suku bunga pada Mei

Baca Juga: Jadwal Tayang Tensei Kizoku no Isekai Boukenroku Episode 4 Sub Indo, Preview Sinopsis dan Link Nonton.

National Association of Home Builders/Wells Fargo Housing Market Index (HMI) naik satu poin menjadi 45 di bulan April.

Sementara itu dari dalam negeri, pasar merespons negatif rilis data neraca perdagangan Indonesia yang mencatatkan surplus yang jauh lebih rendah dari perkiraan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan barang pada Maret 2023 kembali surplus untuk yang ke-35 kali dengan nilai mencapai 2,91 miliar dolar AS.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x