Silicon Valley Bank atau SVB Bangkrut dan Ditutup, Ekonom: Bisa Untungkan Indonesia, Ini Penjelasannya

- 16 Maret 2023, 10:09 WIB
Ilustrasi gedung perbankan. Berbagai reaksi muncul sebagai akibat dari penutupan Silicon Valley Bank (SVB) terhadap ekonomi global, termasuk di Indonesia.
Ilustrasi gedung perbankan. Berbagai reaksi muncul sebagai akibat dari penutupan Silicon Valley Bank (SVB) terhadap ekonomi global, termasuk di Indonesia. / Pexels.com/ Adrien Olichon

Literasi News - Kabar mengejutkan datang dari Amerika Serikat setelah Silicon Valley Bank atau SVB dikabarkan bangkrut dan ditutup oleh Regulator Perbankan Kalifornia. Bank ini dikenal sebagai bank andalan perusahaan-perusahaan rintisan (startup).

Berbagai kemungkinan dampak muncul sebagai akibat dari penutupan Silicon Valley Bank (SVB) terhadap perbankan dan ekonomi global, termasuk di Indonesia.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyampaikan agar Indonesia tetap mewaspadai kemungkinan yang terjadi sebagai dampak dari penutupan Silicon Valley Bank (SVB) tersebut.

Meskipun demikian, Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani menilai bahwa penutupan Silicon Valley Bank (SVB) itu dapat menguntungkan Indonesia.

Baca Juga: Waspadai Pelemahan Daya Beli Masyarakat Pada Tahun 2023, Ini Penjelasan Pakar Ekonomi

"Mestinya kita mendapatkan keuntungan karena ketika suatu negara mengalami krisis keuangan, uangnya bisa masuk ke Indonesia,” kata Aviliani dalam Fortune Indonesia Summit di Jakarta, seperti dilansir Antara.

Menurut Aviliani, saat ini stabilitas sistem keuangan Indonesia masih baik, sehingga perlu terus dipertahankan agar tidak terdampak penutupan SVB. Mengingat Indonesia sudah mulai memperkuat stabilitas sistem keuangan sejak krisis keuangan pada 1998.

“Suku bunga acuan Bank Indonesia masih bagus, penjagaan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) terhadap sistem keuangan kita lebih bagus dari negara maju. Ini artinya kita beruntung karena kasus di 1998, pengawas kita jauh lebih baik,” katanya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x