May Day 2021, Kemenaker Usung Tema Recover Together Hadapi Pandemi Covid-19

- 1 Mei 2021, 12:47 WIB
May Day 2021, Kemenaker Usung Tema Recover Together Hadapi Pandemi Covid-19
May Day 2021, Kemenaker Usung Tema Recover Together Hadapi Pandemi Covid-19 /Kemenaker/

Literasi News - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengampanyekan tema May Day: Recover Together pada peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) tahun 2021.

Melelui tema tersebut Kemenaker mengajak serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) dan para pengusaha untuk menjadikan May Day 2021 sebagai upaya bersama dalam melawan COVID-19, sehingga menjadi momentum memperkuat kebersamaan dan persaudaraan.

Demikian dikatakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, dikutip Literasi News dari siaran pers Kemenaker, Sabtu 1 Mei 2021. Ia meminta semua pihak agar tetap menjaga sikap optimisme menghadapi pandemi COVID-19.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa 19 Ramadan 1442 Hijriah Kota Cirebon Hari Ini Sabtu, 1 Mei 2021

“May Day tahun ini harus kita maknai sebagai perayaan atas harapan, untuk kita sama-sama membangun Indonesia ke arah yang menggembirakan, ke arah yang lebih baik meskipun masih dalam pandemi COVID-19,” katanya.

Ida mengungkapkan, pandemi COVID-19 telah berimbas sangat besar, baik dari segi kesehatan maupun perekonomian nasional. Tidak sedikit perusahaan atau industri terkena guncangan ekonomi dan berakibat ada yang bertahan, ada juga yang terpuruk. Hal itu juga mengakibatkan pengangguran dan kemiskinan bertambah.

Selain itu, sambungnya, hal penting mengakhiri tekanan berat bangsa agar kehidupan dapat berjalan normal yakni kreativitas dan inovasi harus terus dilakukan di semua sektor untuk bangkit dari keterpurukan.

Baca Juga: Jadwal Acara Siaran TV di Trans TV Sabtu, 1 Mei 2021. Saksikan Celebrity On Vocation, dan Brownis Jalan Jalan

“Memang ini merupakan tugas berat pemerintah saat ini, namun jika bersama-sama seluruh elemen bangsa melakukan tindakan nyata, maka beban ini perlahan-perlahan dapat dilampaui. Kita bisa pulih bersama,” ungkap Ida.

Dikatakan Ida, ada banyak inisiatif diambil Kemnaker dalam hal meningkatkan kesejahteraan pekerja. Di antaranya Bantuan Subsidi Upah atau BSU, diberikan pemerintah kepada pekerja yang terdampak pandemi COVID-19.

Selain itu, berbagai program penanganan dampak pandemi COVID-19 yang sudah, sedang, dan terus dilakukan. Antara lain pelatihan vokasi dengan metode blended training, pemagangan di industri, padat karya, dan gerakan pekerja sehat.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x