Jelang Ramadan Harga Cabai Rawit Turun Tapi Masih Tinggi, Rp100 Ribu per Kilogram

- 31 Maret 2021, 18:24 WIB
Jelang Ramadan Harga Cabai Rawit Turun Tapi Masih Tinggi, Rp100 Ribu per Kilogram
Jelang Ramadan Harga Cabai Rawit Turun Tapi Masih Tinggi, Rp100 Ribu per Kilogram /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Jelang bulan suci Ramadan harga cabai rawit di pasar tradisional Cianjur, Jawa Barat mencapai Rp 100 ribu per kilogram. Sedangkan untuk cabai kriting, cabai tanjung, cabai ijo dan jenis lain, saat ini di kisaran Rp 60 ribu per kilogram.

Dedi Supriadi (51), pedagang sayuran yang ditemui di Pasar Muka Cianjur menuturkan, harga cabai saat ini turun dari harga sebelumnya.

"Minggu-minggu kemarin harganya sempat Rp 140 ribu per kilogram untuk jenis rawit. Sekarang berkisar Rp 100 ribu per kilogram," kata Dedi kepada wartawan, Rabu 31 Maret 2021.

Baca Juga: Seorang Pelaku Penyerangan di Mabes Polri Ditembak Mati Ditempat oleh Polisi

Kendati turun, sebut Dedi, harga komoditi tersebut saat ini masih terbilang tinggi. "Harga normalnya untuk cabai rawit berkisar Rp 50 ribu per kilogram. Jadi, meski sekarang turun, harganya masih tinggi," ujar Dedi.

Dedi memprediksi harga cabai dan komoditi sayuran lain termasuk bumbu dapur akan melonjak sepekan jelang bulan puasa mendatang.

"Jelang-jelang seperti ini memang fluktuatif dulu. Minggu depan bisa tinggi. Tapi, bisa anjlok juga tergantung situasi yang ada," ucapnya.

Baca Juga: KLB Deli Serdang Ditolak Kemenkumham, AHY Ucapkan Syukur di Kantor DPP Partai Demokrat

Sementara pedagang lain, Supri (46) menuturkan, turunnya harga cabai saat ini dipicu permintaan atau daya beli yang mengalami penurunan.

"Minggu kemarin kan sempat di atas seratus, sehingga pembeli mengurangi belanjaannya. Biasanya bisa sekilo, sekarang paling banyak seperempat saja,' ujar Supri.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x